Wednesday, January 26, 2011

Persiapan Pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang cross platform. Artinya bisa dilakukan di sistem operasi manapun, "jendela" ataupun Linux. Untuk membuat sebuah program java, ada beberapa hal yang harus kita siapkan.

Hal pertama yang harus ada di komputer kita adalah JDK, yaitu Java Development Kit. Kita bisa mendownloadnya di http://java.sun.com/. Namun saya sarankan langkah ini hanya untuk pengguna sistem operasi "Jendela" saja. Karena setelah didownload, langkah instalasinya akan sangat mudah dilakukan, tinggal mengiktui pentunjuk yang ada. Tapi bagi para pengguna linux, saya sarankan untuk menginstall JDK dari "synaptic package manager". Karena di linux, menginstall software secara offline sangat sulit, saya sendiri belum pernah menginstall software secara offline di linux. Kalau anda bisa, tolong ajari saya.

Setelah mendownload JDK, yang kita butuhkan berikutnya adalah sebuah tetx editor. Tentunya text editor yang bisa digunakan sangat banyak macamnya. Misalnya bila anda menggunakan OS "jendela" anda bisa menggunakan notepad. atau untuk anda yang menggunakan linux anda bisa menggunakan gedit (untuk gnome). Atau anda ingin seperti saya yang lebih sering menggunakan nano, text editor tanpa GUI di dalam terminal linux.

Setelah persiapan selesai, langkah beriktunya adalah kompilasi dan eksekusi program java.

0 comments:

Post a Comment

Followers

followers

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP