Wednesday, January 26, 2011

Kompilasi dan Eksekusi Program Java

Setelah persiapan pemrograman java selsesai, sekarang kita mulai melakukan pemrograman java. Untuk memulainya, kita buka text editor kesayangan anda. Setelah anda buka, ketikan program hello world pada posting sebelumnya.

Saya sarankan anda tidak melakukan copy paste ketika belajar pemrograman. Karena hal ini akan mengurangi insting anda sebaga programmer. Ok, kembali ke topik. Setelah anda menulis program, simpan dengan nama file dan nama class utama menggunakan nama yang sama persis. Seperti pada program helloworld, simpan dengan nama file helloworld.java. Setelah proses pengetikan, sekarang sesuai judul posting, masuk ke proses kompilasi dan eksekusi.

Sebaiknya file source code java tadi kita simpan di folder khusus, agar memudahkan dalam mengatur file hasil kompilasinya. Pertama, cara ini bagi anda dan saya pengguna sitem operasi linux. Saya asumsikan anda sudah bisa memngetahui perintah dasar command line di linux. Setelah file source code disimpan di folder khusus yang sudah dibuat, bukalah terminal. Kemudian masuk ke folder tadi menggunakan terminal. Kemudian ketikan di terminal:

javac helloworld.java

Perintah di atas adalah perintah untuk mengkompilasi, untuk menjalankan program ketikan perintah:

java helloworld

Sekarang bagi pengguna sistem operasi "jendela". Saya juga berasumsi bahwa anda sudah mengetahui perintah dasar command line di "jendela". Di "jendela" kita tidak bisa menyimpan file source code di sembarang tempat. Kita hanya bisa menyimpannya di direktori

C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_23\bin

Tentunya versi JDK sesuai dengan yang terinstall di komputer anda. Langkah berikutnya adalah buka command prompt (terminal di "jendela"). Lakukan kompilasi dan eksekusi dengan perintah yang sama dengan perintah di linux.

Untuk selanjutnya, di sistam operasi apapun anda berada, format perintah kompilasi adalah

javac nama_file.java (nama file dengan ekstensi)

Sedang perintah eksekusi adalah:

java nama_file (nama file tanpa ekstensi)

1 comments:

WELCOME tO tHE NEW WORLD February 27, 2012 at 9:28 PM  

cara install c++ dan eksekutornya gimana?

Post a Comment

Followers

followers

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP